Arsitektur vs Sendiri

Berikut ini saya berikan sedikit gambaran tentang beberapa poin keuntungan kerugian dari kedua hal tersebut:

1. Segi ekonomis: Mendesain rumah sendiri tentu memiliki keuntungan ekonomis yang lebih besar dibandingkan anda menggunakan jasa arsitek. Anda tidak perlu merogoh kantong jika anda mendesain rumah sendiri bukan…?

Besar kecilnya nilai ekonomis tersebut bergantung dari keinginan yang ingin anda capai. Desain rumah yang saya buat menggunakan desain saya dan keluarga, dan kebetulan saya tidak pernah menanyakan jasa arsitek dalam pembuatan rumah yang saya bangun. Jadi saya tidak tahu berapa besarnya kisaran tarif jika anda menggunakan jasa arsitek. 

2. Segi praktis & efisien: Mendesain dengan jasa arsitek tentu memiliki segi praktis dan lebih efisien yang lebih ketimbang anda mendesain sendiri. Jika anda tdak ingin repot, anda dapat menggunakan jasa arsitek.

Mengingat dalam hal membangun bangunan seperti ini adalah memang pekerjaan yang dilakukan oleh arsitek, maka anda dapat sekali mempercayakan kepadanya. Anda tentu tinggal memberikan gambaran dan ekspektasi yang anda inginkan sesuai dengan lahan yang tersedia. Selebihnya biarkan arsitek yang mendesainkannya untuk anda. 

3. Segi kreatifitas: Jika anda memiliki kreatifitas yang cukup, ide-ide anda dapat anda tuangkan dalam desain yang anda rencanakan.

Bagi yang anda yang membuat desain sendiri, kreatifitas tersebut dapat sepenuhnya anda tuangkan dalam desain yang anda kerjakan sendiri atau di kolaborasikan dengan ide-ide dari keluarga yang membantu pembangunan rumah tersebut. Jika anda menggunakan jasa arsitek, semua ide-ide anda juga dapat anda tuangkan bersama dipadukan dengan ide-ide dari sang arsitek. 

Hal tersebut diatas yang menurut saya sedikit banyaknya perlu dipertimbangkan dalam hal mendesain rumah. Pertanyaannya kemudian adalah "hal apa saja sih yang perlu di desain…?" "Apakah sulit jika anda mendesain sendiri…?" "Kemudian apa saja sih yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa desain arsitek…?"

Pertanyaan tersebut akan saya uraikan satu persatu. Hal apa saja sih yang perlu di desain…?

Yang paling penting anda desain tentu gambar lay out desain rumah (bangunan utama) dari lahan yang ada. Gambar di desain dan disesuaikan dengan lahan yang ada. Anda juga perlu membuat skala yang sesuai agar cocok ketika akan dibangun. Jika anda ingin mendesain hal lain juga boleh untuk bangunan sekunder juga boleh. Atau untuk desain lain seperti desain taman, penempatan tata letak jalan, septic tank, perembesan air, desain kelistrikan, pembuangan air kotor dan air hujan, saluran pembuangan dan lain sebagainya. 

Apakah sulit jika anda mendesain sendiri…?

Setiap orang tentu akan menjawab hal ini berbeda-beda. Tidak setiap orang memiliki jawaban yang sama. Jika pertanyaan tersebut ditujukan kepada saya maka saya akan menjawab “tidak terlalu sulit kok”. Demikian menurut saya. Anda tentu dapat saja tidak sependapat dengan saya.

Boleh-boleh saja, tidak apa-apa kok. Kenapa saya memberi jawaban seperti itu tentu ada alasannya. Seperti yang pernah saya uraikan di tulisan sebelumnya, anda dapat menggunakan alat bantu dalam membuat desain sendiri. Alat bantu tersebut semisal Visio Technical atau semacamnya.

Menggunakan alat bantu tersebut sangat mudah karena tinggal drag and drop saja dalam lay out yang anda kerjakan. Mudah bukan…? Jika anda menguasai AutoCad, tentu anda akan lebih mudah mendesainnya, karena alat bantu ini dapat mendesain sampai bentuk 3 dimensi.

Jika anda mendesain sendiri, coba anda perhatikan juga pengkondisian sirkulasi udara dan arah sinar masuk cahaya. Hal ini penting agar anda memiliki rumah yang sehat dan dan udara yang segar dan bersih. Kemudian apa saja sih yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa desain arsitek…?

Jika anda menggunakan jasa arsitek, yang paling utama anda tentu menginginkan desain bangunan utama. Tentu ini yang paling penting bukan…?

Disamping itu anda juga dapat memintanya mendesain hal lain seperti berikut: 

* Desain atap (Genteng) 
* Desain posisi rumah keseluruhan termasuk taman dan jalan 
* Desain rumah tampak depan, samping, atas dan belakang 
* Desain kelistrikan termasuk penataan lampu dan saklar 
* Desain saluran air kotor dan air bersih. 

Tentu dengan semakin banyak desain yang anda minta kepada sang arsitek akan semakin besar biaya pembuatannya juga. Jadi setelah uraian mengenai desain rumah ini, mana yang akan anda pilih. Menggunakan jasa arsitek atau desain sendiri hasil produk rumahan…??

6 comments:

Siti said...

Siang Mas Ismail...Mohon maaf lahir dan batin. Moga tetap semangat berkarya dan membawa manfaat.

Wah, kalau nanti saya berksempatan bisa membuat rumah, mau banyak belajar dari blog-nya mas ya..?

Salam,

Anonymous said...

Permisi, saya ingin menambahkan dari artikel di atas, bahwa dalam membuat rumah itu tidak hanya mendesain tetapi juga memperhatikan bagaimana konstruksi yang benar sesuai dengan standard yang telah ditetapkan dalam setiap perkembangannya.

JAYAVO said...

Salam kenal!
Benar sekali, serahkan saja kepada yang ahli, masing2 punya rejeki kok...

uii profile said...

blog yg menarik dan sumber inspirasi sy..:) terima kasih

Tiang Antrian said...

mantab ispiratip

Teknik Sipil said...

makasih infonya gan.........